Cara Melacak Penjiplak Konten Blog Menggunakan FeedBurner

Diposting oleh Unknown on Selasa, 31 Januari 2012

Para pendekar copy paste memang akhir-akhir ini semakin banyak bermunculan seiring dengan perkembangan dunia blog dan website kususnya diindonesia. Pada kesempatan sebelumnya, saya juga pernah bercerita tentang beberapa website yang menjiplak postingan di blog saya emensite.blogspot.com dengan trik berlangganan artikel lalu copy paste artikel yang saya buat di website mereka.

Google memang sudah membuat peraturan yang memungkinkan para penjiplak konten blog mati perlahan dengan trik  menempatkan website atau blog mereka pada page 2 keatas pada hasil pencarian google. Terdapat juga google panda yang akan mendelete blog penjiplak konten sewaktu-waktu jika ditemukan.

Pada kesempatan ini saya akan coba membahas bagaimana melacak para pendekar copy paste menggunakan Feedburner. Bagi yang belum mendaftar Feedburner silahkan daftar terlebih dahulu, tutorial cara mendaftar silahkan baca di sini.
Feedburner memiliki layanan untuk menganalisis semua data feed pada blog kita, salah satunya adalah layanan Uncommon Uses (penggunaan tidak wajar) terletak pada menu Analyze. Saya memang tidak tahu pasti maksud dari report Uncommon Uses, akan tetapi menurut analisa pribadi saya, website yang terdapat pada list uncommon uses mungkin menggunakan sebuah tools agar setiap kita membuat posting baru, maka secara otomatis posting pada website copy paste tersebut juga akan ikut terupdate, tapi sebagian mungkin masih menggunakan cara manual, yakni copy, edit and paste.
            Perhatikan Gambar dibawah,


Perhatikan beberapa contoh website pada gambar diatas, seperti

http://www.hi-techmall.org
http://had.my
http://itcommunity.web.id
http://gerbangdunia.com


Warning!!! Semuanya adalah para penjiplak Pofesional. 


Kolom views pada gambar tabel diatas memberikan keterangan berapa kali postingan yang kita buat ditampilkan oleh pengunjung pada website copy paste mereka, dan tombol klik memberikan keterangan berapa kali kali pengunjung mengklik link ke blog kita (ini analisa pribadi saya).  Jadi jika views lebih besar dari klik kemungkinan besar (99%) website copy paste tersebut tidak menyertakan link blog kita, alias pembajak/penjiplak konten. Dan setelah saya crosscek ke website bersangkutan, memang begitulah hasilnya,,,Website tersebut adalah para pendekar Copy paste.

Ok sekian dulu, pada kesempatan berikutnya saya akan membahas beberapa jurus ampuh melawan para pendekar Copy paste....

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar