Prosesor / CPU ( Central Processing Unit )

Diposting oleh Anonim on Kamis, 16 Februari 2012

Posessor atau sering disebut dengan CPU ( Central Processing Unit ) adalah Otak kinerja pada komputer, mengatur segala jenis kegiatan di dalam sistem komputer.
dalam pengertian umum, prosessor adalah komponen komputer yang mengatur segala bentuk kegiatan komputer mulai dari penghitungan, penjadwalan, perjalanan sampai pada penghentian proses yang terjadi didalam sistem komputer.


prosesor memiliki ukuran dalam bentuk perhitungan kecepatan ( hertz ), dimana sampai sekarang kecepatan dari prosesor sudah mencapai GigaHertz. dari perkembangannya, kecepatan sebuah prosesor dapatdirasakan dengan melihat seberapa cepat dan berapa banyak proses komputing yang dapat dilakukan.
prosesor dibentuk dari tiga bagian, yaitu :
  1. ALU ( Arithmetic and logical unit ), adalah bagian prosesor yang berperan untuk melakukan penghitungan aritmatika dan logika. adapun contoh tugas yang dilakukan seperti penjumlahan, pengurangan dan proses hitung yang lain, serta penerapan fungsi logika dari bahasa pemrograman seperti IF, And, Or dll.
  2. CU ( Control Unit ), adlah bagian prosesor yang bertugas untuk melakukan pengontrolan dan pengendalian suatu proses yang dilakukan sebelumdata yang diolah dikeluarkan sebagai output. Cu juga mengatur kapan waktunya input menerima data dan kapan proses akan dilakukan serta kapan hasil output akan ditampilkan, namun jika perintah yang di terima oleh CU mengandung unsur perhitungan dan analisa logika, maka perintah tersebut akan di lempar ke ALU, CU akan melakukan pengawasan pada kinerja dari ALU
  3. MU ( memory unit ), adalah bagian prosesor yang berfungsi untuk menyimpan data yang akan di proses maupun data yang telah diproses.
dalam pengaplikasianya pada sistem komputer setiap prosesor memiliki jenis papan induk yang kompatible, artinya Motherboard yang digunakan haruslah sesuai dengan jenis Socket yang dimiiki oleh prosesor. sehingga penentuan sebuah prosesor akan sangat berpengaruh terhadap kinerja komputer.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar