Struktur Direktori Mikrotik Router

Diposting oleh Unknown on Minggu, 26 Februari 2012

Bagi anda yang sempat membaca materi mikrotik Router, anda akan faham bahwa artikel ini merupakan lanjutan dari artikel tersebut, sehingga dalam pembahasan ini anda tidak merasa bingung, meski demikian saya akan berusaha untuk menjelaskan secara gamblang agar mudah untuk anda pahami.
Mikrotik OS akan membentuk beberapa direktori, diantara-nya adalah :

  • Direktori Admin
Direktori Adminmerupakan utama yang menjadi induk dari Direktori-direktori dibawahnya seperti Direktori interface, ip address, ip route, DNS dan sebagainya, dimana pengguna dapat secara langsung melakukan perubahan pada setting direktori di bawahnya.
  • Direktori Interface
adalah Direktori yang di gunakan untuk mengatur dan menganalisa setiap ethernet / perangkat keras berupa NIC yang terpasang pada PC router, mulai dari pemberian nama tiap ethernet, mengaktifkan atau menon-aktifkan
  • Direktori ip Address 
Adalah direktori yang mempunyai wewenang untuk memberi / menghapus sebuah ip Address setiap ethernet
  • ip Route
berfungsi untuk memberikan ip gateway pada mesin router
  • ip DNS
Direktori yang digunakan untuk memberikan setting ip DNS, baik primary maupun secondary
  • ip firewall nat
adalah direktori yang digunakan untuk melakukan setting Sharing koneksi antar ethernet.

direktori-direktori diatas adalah dasar susunan direktori yang harus anda ketahui sebelum anda mengenal perintah dasar mikrotik router.
Direktori admin dikatakan sebagai direktori utama karena penguna dapat melakukan setting apapun dari direktori admin, dengan catatan harus tetap mencantumkan nama Sub Direktori, contohnya, untuk memberikan ip pada sebuah ethernet harus dilakukan dari Direktori ip Address saat kita melakukan dari Direktori Admin maka kita harus mengikutkan nama Direktori Ip Address pada perintah pemberian ip.
dan setiap Direktori di bawah admin hanya berwenang melakukan setting bagi Direktorinya sendiri, contohnya, kita tidak bisa menjalankan perintah pemberian ip address dari Direktori interface , sebaliknya, kita tidak bisa mengganti nama sebuah etherenet dari Direktori ip Address.

untuk lebih gamblang lagi silahkan anda baca Perintah Dasar Mikrotik router

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar