Bandwidth Jaringan komputer

Diposting oleh Unknown on Rabu, 16 Mei 2012

Pengertian Bandwidth Adalah Besaran Laju transfer Data dalam suatu Jaringan, dalam arti yang lebih detail, Bandwidth bisa di katakan sebagai luas-nya cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal untuk mengantarkan paket data dalam sebuah media transmisi jaringan. frekuensi sinyal diukur dalam satuan Hertzsinyal suara tipikal mempunyai Bandwidth sekitar 3 kHz, analog TV broadcast (TV) mempunyai Bandwidth sekitar 6 MHz.

Dalam Pandangan kita sebagai pengguna Jaringan komputer, Bandwidth sangat erat kaitanya dengan Kecepatan laju jaringan, namun pada dasarnya Banwidth sangat berbeda Dengan kecepatan, artinya keduanya adalah dua sector yang berbeda dalam Dunia Jaringan komputer. Bandwidth adalah tampungan Batas maksimum dalam mengantarkan Data dihitung dengan besaran bps ( Bitz Per Second ), sedangkan Kecepatan adalah waktu yang digunakan dalam menempuh sebuah jarak, misalnya waktu tempuh 1 meter per detik.

Dalam Dunia jaringan hubungan antara Bandwidth dan kecepatan dapat kita lihat dengan adanya pengaruh pada kecepatan jaringan yang ditimbulkan oleh perubahan bandwidth pada jaringan itu sendiri, artinya, penentuan besaran bandwidth pada jaringan akan mempengaruhi kecepatan jaringan dalam melakukan sebuah proses transfer data.

Pentingnya memperhatikan bandwidth tidak lain adalah untuk meratakan pembagian jalan dalam media transmisi jaringan agar tidak ada PC ( anggota jaringan ) yang mendominasi laju transfer data. atau dengan alternatif lain setiap PC ( anggota jaringan ) dapat di berikan besaran Bandwidth sesuai kebutuhan.

Lanjutkan pada langkah pembagian Bandwidth dengan Mikrotik.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar