Penitipan Anak Aman Gak Ya??

Diposting oleh ConnectPlus on Sabtu, 14 September 2013

Jika Anda dan pasangan bekerja, menitipkan anak pada jasa tempat penitipan anak (TPA), menjadi solusi. Tak sekadar membantu Anda agar tetap bisa bekerja dan berpenghasilan, namun juga baik secara psikis untuk semua anggota keluarga. 


Menitipkan anak bisa melalui jasa TPA yang terbuka untuk umum dengan fasilitas lengkap yang menunjang tumbuh kembang anak. Atau penitipan bersifat privat seperti pengasuh juga kepada keluarga dan orangtua. 

Jangan terburu-buru memilih sekadar untuk menemukan tempat bagi anak Anda. Luangkan waktu untuk memikirkan lebih matang dengan melihat kebutuhan keluarga Anda. Buatlah daftar pilihan dan prioritas, perhitungkan juga biayanya, hingga positif-negatif dari masing-masing pilihan. Mintalah pertimbangan dari teman yang lebih berpengalaman atau orangtua. Menjalani proses ini bahkan bisa memakan waktu berminggu-minggu. Tak jadi soal, namun juga Anda tak perlu terlalu perfeksionis, karena bagaimanapun Anda perlu melakukan penyesuaian. 

Percayakan insting Anda 
Meski Anda dan pasangan sudah melakukan riset kecil-kecilan. Atau teman serta saudara memberikan pendapat dan pengalamannya tentang TPA tertentu, semua kembali kepada insting Anda dan pasangan. Kuncinya Anda dan pasangan perlu merasa nyaman dengan TPA yang dipilih. Kenyamanan tak bisa diukur dengan hanya melihat harga yang mahal, kebersihan, atau keamanan. Salah satu tanda TPA berkualitas adalah mengijinkan orangtua dan anak untuk menghabiskan waktu bersama di TPA, sekadar untuk mengawasi bagaimana interaksi yang terbangun antara orangtua, anak, dan pekerja di TPA.

Perlu diingat, kondisi dan tipe setiap keluarga unik dan berbeda. Meski teman memiliki pengalaman baik di TPA tertentu, belum tentu cocok dengan Anda. Anda perlu melihat perbedaan temperamen anak, situasi kerja Anda dan pasangan, tempat tinggal, lokasi kantor, dan harapan Anda terhadap TPA. Jangan menggantungkan penilaian atau membuat keputusan dari pengalaman orang lain. 

Percayakan insting anak Anda
Salah satu pertanda TPA yang cocok untuk keluarga adalah anak Anda nyaman berada di sana. Jika anak Anda sudah bisa berbicara, tanyakan perasaannya terhadap TPA tersebut. Anak memiliki penilaian lebih baik dibandingkan Anda. Sedangkan untuk bayi, perhatikan bagaimana interaksi terbangun antara pengasuh dan bayi Anda selama di TPA. 

Ajukan pertanyaan ini
Apapun jenis TPA yang Anda temukan, harga yang mahal atau murah bukan menjadi tolok ukur kualitas. Untuk menemukan TPA yang tepat sesuai kebutuhan, ajukan pertanyaan ini kepada diri sendiri dan pasangan:
* Kebutuhan TPA untuk berapa lama? Hitungan jam atau seharian? Reguler atau sewaktu-waktu saja? 
* Mana yang lebih diinginkan, pengasuh rumahan atau TPA untuk publik?
* Kualifikasi dan pengalaman seperti apa yang diinginkan dari pengasuh?
* Apakah TPA juga menawarkan program preschool?
* Metode permainan atau pembelajaran seperti apa yang ingin diberikan kepada anak melalui TPA?
* Rutinitas seperti apa yang diinginkan untuk anak di TPA?
* Apakah TPA perlu menyiapkan makan siang untuk anak Anda? Jika ya, apakah TPA bisa memberikan sampel makanannya?
* Apakah layanan TPA menyediakan popok untuk anak di bawah dua tahun?

Kenali pemberi layanan yang baik
Di Australia, TPA terakreditasi oleh badan resmi negara. Ini menjadi rekomendasi terbaik untuk pilihan TPA. Cara lainnya, tanyakan bagaimana staf TPA. Jika Anda menemukan banyak pegawai yang sering berganti, keluar-masuk karena berhenti bekerja ini pertanda tak baik. Cari pengasuh yang berpengalaman, memiliki keterampilan untuk mengatasi kecelakaan kecil maupun besar yang terjadi pada anak, dan jika perlu mampu mengendarai motor atau mobil dan memiliki SIM. 

Lokasi jadi soal
Cari TPA yang berlokasi dekat dengan rumah atau kantor Anda dan pasangan. Cari juga tempat yang bisa mengakomodasi kebutuhan Anda dikaitkan dengan pekerjaan kantor. Misalnya, layanan antar-jemput anak ke rumah atau kantor Anda. 

Buatlah rencana cadangan
Pengasuh rumahan berhenti bekerja, atau sakit. TPA tutup karena bangkrut atau sebagainya, bisa saja terjadi. Siapkan rencana cadangan. Artinya, Anda sudah membuat skenario dengan menyimpan beberapa pilihan TPA atau pengasuh. Sewaktu-waktu Anda membutuhkannya, Anda cukup menghubungi. 

Atur jadwal dan buat perencanaan
Setiap malam, pastikan kebutuhan anak Anda selama dititipkan di TPA sudah lengkap. Baju ganti, botol susu, berbagai kebutuhan lainnya sudah siap agar keesokan paginya Anda tak terburu-buru menyiapkan semua keperluan. 

Hindari rasa bersalah
Sebagai orangtua, seringkali perasaan sedih muncul saat harus menitipkan anak di TPA atau bersama pengasuh selama bekerja. Hentikan perasaan bersalah ini. Penelitian menunjukkan, dengan menitipkan anak di jasa TPA yang baik, justru membuat anak lebih produktif dan sehat. Kepercayaan diri anak meningkat karena mereka bertemu dengan banyak teman sebaya dan mendapat pengalaman baru yang berbeda setiap harinya. 

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar